Tokoh Arsitektur Kontemporer indonesia

Rasuna-Epicentrum-3

Indonesia Memiliki banyak sekali tokoh arsitektur kontemporer,apalagi di zaman seperti ini arsitek kontemporer lah yang paling dibutuhkan dan banyak dicari.banyak sekali arsitek arsitek berkelas dunia yang dimiliki indonesia,salah satunya yaitu :

1.M Ridwan Kamil

images

Dengan tinggal serta memiliki kantor kecil di Bandung (hanya cukup untuk 25 orang), juga berprofesi sebagai dosen Arsitektur ITB dan ketua Bandung Creative City Forum, Ridwan Kamil mematahkan mitos bahwa untuk sukses harus tinggal di Jakarta, memiliki kantor yang besar dan harus bekerja sebagai full professional. Bersama Urbane (Urban Evolution) sebagai jasa konsultan perencanaan, arsitektur dan desain yang dia dirikan pada tahun 2004, Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil banyak menghasilkan karya arsitektur di berbagai negara seperti di Singapura, Thailand, Bahrain, Cina, Vietnam, Uni Emirat Arab dan tentu saja di Indonesia. Umumnya proyek ini berupa pengembangan kawasan perkotaan seluas 10-1000 ha atau disebut sebagai mega proyek.

Beberapa contoh proyek yang ditangani Emil diantaranya seperti Marina Bay Waterfront Master di Singapura, Sukhotai Urban Resort Master Plan di Bangkok, Ras Al Kaimah Waterfront Master di Qatar, juga District 1 Saigon South Residential Master Plan di Saigon. Sementara di Cina ada Shao Xing Waterfront Masterplan, Beijing CBD Master Plan, dan Guangzhou Science City Master Plan.

Ridwan-Kamil2

2. Yu Sing
yusing01
Yu Sing dilahirkan di Bandung, 5 Juli 1976. Pada 1994  hingga 1999, ia menempuh pendidikan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus, Yu Sing mendirikan studio arsitektur bernama Genesis.

Karya-karya Yu Sing cukup banyak diliput di berbagai media arsitektur di Indonesia maupun Asia Pasifik. Bersama rekan-rekannya dalam tim desain, ia aktif mengikuti berbagai sayembara desain arsitektur sejak masih kuliah. Beberapa  di antaranya menjadi pemenang, yaitu pemenang ke-1 Gereja Kristen Indonesia Anugerah Bandung, pemenang ke-2 Sekolah internasional BPK Penabur Singgasana Pradana Bandung, pemenang ke-1 TK Internasional BPK penabur Bahureksa Bandung, pemenang ke-3 Taman Rakyat Cimahi, Top 10 Fasade Rumah Ide, pemenang ke-1 Desain Muka Jakarta Design Centre, pemenang ke-6 Taman Borobudur Jakarta, finalis Sekolah internasional BPK Penabur Banda Bandung, pemenang ke-3 Desain Muka dan interior Galeri Indogress Tangerang, pemenang ke-5 Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta, dan pemenang ke-1 Gedung Pelayanan Pusat Akademik Universitas Negeri Makassar (menara 17 lantai).

Saat ini ia terlibat sebagai pengurus dan sukarelawan di Habitat for Humanity cabang Bandung–merupakan lembaga swadaya masyarakat internasional–yang membantu masyarakat kurang mampu untuk memiliki atau memperbaiki rumah dengan sistem menabung secara berkelompok. Sejak tahun 2007 ia bergabung dalam Studio Habitat Indonesia, yang banyak menangani proyek-proyek desain nirlaba, dengan semboyan Good Design is For Everyone.

Selain dua nama diatas masih banyak lagi tokoh arsitektur kontemporer indonesia,jadii apa anda sudah siap menjadi seorang arsitek kontemporer indonesia dan dikenal dunia??

Leave a comment